Google
 

Teknik Mempertajam Fokus (Lanjutan)


Saat memposting bagian ini, saya baru saja keluar untuk mencari bakso krn hari ini saya merasa kangen ingin makan bakso. Saya lalu teringat ada keluarga penjual bakso di pinggir jalan depan Farm dan mess saya, tempatnya tidak terlalu besar dgn posisi tepat di pinggir jalan raya, tapi dari dulu semenjak saya tugas disini, saya selalu melihat warung ini ramai pembeli. Malah semakin berkembang karena FOKUS pada cita rasa, ukuran bakso cukup aneh dan kecepatan penyajian. Kami menyebutnya Bakso Buaya karena bentuknya yg tidak bulat lagi tetapi lonjong dan gedee sekepalan tangan orang dewasa. Kombinasi Fokus inilah yang membuat orang semakin menyukai Bakso-nya.

Dapat anda lihat, sekali lagi FOKUS, FOKUS dan FOKUS , menunjukkan kekuatannya. Baik itu pada bisnis/pekerjaan kantoran yang membutuhkan spesialisasi, hingga pada usaha seperti menjual Bakso.

Dalam skala lebih kecil, Fokus akan menjadikan kehidupan anda lebih efektif.

Yang akan saya berikan disini adalah teknik yang bukan seperti anda temukan di buku-buku manajemen populer. Di buku2 manajemen populer, anda akan menemukan hal-hal seperti menetapkan prioritas, membuat daftar pekerjaan, merancang jadwal kerja dsb. Teknik2 tersebut memang terbukti efektif, tapi bukan itu yang akan saya berikan.

Saya akan mengajak anda melatih Fokus yang dimulai dari Pikiran. Karena Fokus bermula dari pikiran. Sebuah kondisi pikiran yang tenang, terkonsentrasi dan tidak mudah di-intervensi oleh hal atau pikiran lainnya.

Jika pikiran anda untuk Fokus belum diperbaiki, mustahil untuk melaksanakan berbagai teknik manajemen populer tersebut dengan hasil yang diharapkan.

Sekarang mari kita mulai mempertajam Fokus Anda.

Latihan berikut ini akan menajamkan fokus anda jika anda rutin melatihnya :
1. Carilah posisi duduk yang nyaman (jika bisa dengan sandaran)
2. Pejamkan mata dan rileks-kan bahu serta tengkuk anda
3. Atur nafas panjang (tarif nafas panjang, tahan 2-detik, hembuskan)
4. Bayangkan melalui gambaran di pikiran anda, hitungan mundur secara cepat mulai dari 100 hingga 1 (jadi anda akan melihat dalam pikiran anda, dimulai dari angka 100 yang berganti secara cepat menurun hingga 1)
5. Jika telah selesai yang nomor 4, ulangi lagi prosesnya, setidaknya selama 5 menit (gunakan fasilitas timer atau alarm di handphone anda)

Sederhana ? jika menurut anda sederhana, anda bisa menggantinya dengan yang berikut ini :
1. Carilah posisi duduk yang nyaman (jika bisa dengan sandaran)
2. Pejamkan mata dan rileks-kan bahu serta tengkuk anda
3. Atur nafas panjang (tarif nafas panjang, tahan 2-detik, hembuskan)
4. Bayangkan lima wajah yang anda kenali, berikan "Nomor" pada dahinya (1,2,3,4,5), kemudian bayangkan secara bergantian dan berurutan terbalik, wajah ke-5,ke-4,ke-3,ke-2,ke-1 , semuanya total sebanyak 20 kali
5. Jika telah selesai yang nomor 4, ulangi lagi prosesnya, setidaknya selama 5 menit (gunakan fasilitas timer atau alarm di handphone anda)

Ok, sekarang jika anda dapat melakukan salah satu atau dua-duanya secara tepat tanpa kesalahan satupun, maka selamat, anda sudah memiliki fokus yang baik dan efektif. Namun jika masih terdapat kesalahan, hal itu wajar, dan tentu dapat anda perbaiki dengan berlatih secara rutin. Anda akan menemukan dan melihat bahwa melakukan latihan diatas tidaklah se-sederhana yang anda kira.

Teknik diatas telah diajarkan oleh rekan-rekan sesama pelatih fokus pada ribuan orang melalui personal training, buku, dan artikel. Dan disinilah saya menekankan pada anda bahwa Fokus adalah sebuah mindset dan kondisi pikiran yang terlatih untuk senantiasa tenang, konsentrasi dan tidak mudah ter-intervensi oleh pikiran lainnya.

Jika teknik-teknik diatas sudah dapat anda latih dengan lancar, anda akan melihat semakin hari Fokus anda semakin membaik. Dan berikutnya anda dapat mulai menggunakan teknik manajemen fokus populer dengan hasil yang optimal.

Ringkasan Cara Mempertajam Fokus Anda :
1. Latihlah Fokus Pikiran seperti yang saya berikan diatas
2. Lakukan Latihan, Latihan dan Latihan kapanpun anda ada waktu
3. Setelah fokus pikiran anda semakin tajam...
4. Lakukan teknik manajemen fokus populer seperti
- Menetapkan Prioritas Tugas
- Membuat Daftar Pekerjaan yang anda sukai
- Menjadwalkan Waktu untuk Prioritas dan Daftar

Nah, sudah cukup saya menulis ini, dan sekarang giliran Anda-lah yang membuktikannya, hayati dan rasakan manfaatnya. Semoga Anda memperoleh Fokus Anda! Amien.

Baca Artikel Yang Lain